Wisata Gua Tidak Berujung Ciamis

admin   June 5, 2018   Comments Off on Wisata Gua Tidak Berujung Ciamis

Pada artikel berikut ini akan mengupas salah satu satu gua alami di Kabupaten Ciamis yang masih bisa dibilang menjadi misteri. Hal tersebut dikarenakan konon katanya, pada gua Ciamis satu ini mempunyai kedalaman yang sangat panjang sehingga disebut sebagai gua yang tak berujung. Gua yang penuh dengan misteri tersebut yaitu Gua Lalay.

Perjalanan Gua Lalay

Lokasi dari Gua Lalay tersebut terletak pada blok Malabar di Desa Sidamulih, pada Kecamatan Pamarican, Ciamis. Lokasi tepatnya Gua Lalay ini yaitu di atasnya bukit belakang sebuah Pondok Pesantren yaitu Nurul Hidayah. Mengapa gua di Kabupaten Ciamis satu ini disebut dengan nama Gua Lalay? Hal tersebut dikarenakan dulunya pada Gua Lalay ini adalah tempat bersarangnya banyak kelelawar kecil. Pintu masuk pada Gua Lalay itu sendiri berdiameter sekitar kurang lebih 2 meter, udara dalam Gua Lalay ini sangat sejuk.

Ketika sudah masuk menuju daerah di dalam Gua Lalay ini, para pengunjung disuguhkan dengan luas Gua Lalay ini yang mirip dengan kubah masjid. Pemandangan di dalam Gua Lalay ini indah serta eksotik. Seperti kebanyakan gua lainnya, Gua Lalay ini dihiasi dengan berbagai stalaktit/batuan yang warnanya putih memanjang serta meruncing atas bawah.

Stalaktit pada Gua Lalay ini memiliki panjang yang berbeda-beda, ada stalaktit yang pendek dan ada juga yang panjang serta runcing. Tentunya stalaktit dan batuan pada Gua Lalay ini sudah terbentuk bertahun-tahun lamanya. Di dalam area ruang Gua Lalay terdapat lubang dengan ukuran yang cukup kecil. Lubang di dalam Gua Lalay tersebut hanya dapat dilintasi satu orang saja dengan kedalamannya sekitar kurang lebih 5 meter. Setelah itu terdapat lubang lagi, pada lubang Gua Lalay satu ini, pengunjung diharuskan membungkuk supaya bisa melewatinya.

Lubang lorong Gua Lalay yang satu ini sangat panjang, jarang ada pengunjung yang berhasil sampai menuju ujung. Di samping kondisinya yang gelap, bagian lorong lubang Gua Lalay ini cukup sempit sehingga dapat menyebabkan pengunjung terpaksa kembali lagi. Hanya sebagian kecil orang saja yang berani untuk memasuki lorong sempit di Gua Lalay dan selengkapnya kunjungi https://www.harapanrakyat.com.

Related posts: