Tips Peternakan Membuat Pakan Ayam

admin   September 13, 2017   Comments Off on Tips Peternakan Membuat Pakan Ayam

cipanasfarmAyam membutuhkan pakan dan minum yang cukup untuk pertumbuhan. Pakan menghabiskan 70% biaya pemeliharaan. Oleh karena itu pakan sebaiknya mempunyai kandungan nutrisi yang cukup dan mempunyai harga yang relatif terjangkau. Pakan sebaiknya mengandung nutrisi yang dibutuhkan ayam seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Pakan yang mengandung nutrisi yang cukup sangat baik bagi pertumbuhan ternak. Tips peternakan mengenai pembuatan pakan organik sangat dibutuhkan. Ayam pada periode starter, grower dan finisher mempunyai kebutuhan pakan yang berbeda. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat ransum ayam yaitu bekatul, tepung gaplek, tepung ikan, bungkil kelapa, tepung darah, kedelai, tepung daun pepaya, tepung bulu unggas, bungkil biji kapuk dan suplemen organik.

Tips Peternakan Proses Membuat Pakan

Pakan yang efisien sangat dibutuhkan ternak dalam pertumbuhan. Pakan yang efisien adalah yang mudah ditemukan, mengandung nutrisi yang cukup dan mempunyai harga yang murah. Anda dapatĀ  membuat pakan sendiri jika Anda mengetahui proses pembuatannya dan hasilnya lebih murah. Tips peternakan untuk membuat pakan organik sendiri dapat Anda pelajari. Anda dapat membuat pakan ayam dengan sangat mudah, yaitu dengan menggiling semua bahan baku yang dibutuhkan sampai menjadi tepung. Proses selanjutnya setelah menjadi tepung, bahan dapat dicampur dan diaduk hingga rata. Sedangkan pada pakan butiran pecah, setelah pakan diaduk rata, pakan dikukus pada suhu 80 sampai 90 derajat Celsius. Lalu pakan yang sudah dikukus diaduk dalam ayakan berlubang sambil ditekan sampai butiran jatuh, kemudian butiran dijemur hingga kering. Setelah kering pakan dapat diberikan kepada ayam.

Pada pakan berbentuk pelet mempunyai cara pembuatan yang hampir sama dengan pakan butiran pecah. Namun setelah dikukus pada suhu 80 sampai 90 derajat Celsius, bahan dimasukkan ke gilingan daging atau gilingan sambal hingga keluar memanjang. Kemudian bahan dipotong dan dijemur hingga kecil dan pakan tersebut dapat diberikan ke ternak. Pakan untuk masa awal yaitu menggunakan konsentrat 39 kg, bekatul 5,5 kg, jagung 55 kg dan suplemen organik. Sedangkan pakan untuk masa akhir yaitu jagung 58 kg, konsentrat 33 kg, bekatul 8,5 kg dan suplemen organik. Informasi lebih lengkapnya terdapat di www.cipanasfarm.com.

Related posts: