Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak

admin   March 31, 2017   Comments Off on Tips Mudah Menjaga Kesehatan Anak

tips kesehatanAnak merupakan salah satu anugerah yang dititipkan Tuhan kepada anda, oleh karena itu jaga baik-baik agar mereka tumbuh menjadi manusia yang baik dan juga sehat di masa mendatang. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh orang tua jika ingin menjaga kesehatan anaknya tetap stabil. Apa saja cara-cara tersebut? Pada penjelasan berikutnya akan dijelaskan. Seperti yang anda ketahui jika anak masih kecil, jadi mereka belum mampu untuk menjaga dirinya sendiri dengan baik, ini adalah tugas anda sebagai orang tua untuk tetap terus menjaganya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pola makannya. Penuhi semua gizi yang dibutuhkan si anak secara seimbang.

Jika selama ini Indonesia identik dengan makan nasi, maka anda perlu membatasi konsumsi nasi yang mengandung gula. Anak boleh mengkonsumsinya namun jangan berlebihan. Sesuaikan porsi nasi dengan aktivitas yang dilakukan. Anda bisa saja mengganti nasi dengan makanan lain seperti buah-buahan, sayuran yang mengandung vitamin, dan juga zat besi yang baik untuk kesehatan mereka. Jadi intinya berikan makanan seusia dengan porsi dan kebutuhannya. Setelah itu agar tetap sehat tentu saja anda harus menjaga kebersihan si anak karena dalam lingkungan juga keadaan yang kotor maka akan sangat mudah bagi anak mengidap penyakit tertentu. Kuman dan bakteri akan sangat mudah berkembang biak. Maka dari itu jagalah kebersihan anak dimulai dari kesehatan gigi dan mulut, anggota tubuhnya, serta pakaian yang dikenakan, hingga lingkungan di mana dia bermain.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan aktivitas si anak, jangan sampai ia kelelahan parah. Jadi atur jadwal istirahat si buah hari. Dengan istirahat, maka beban dari otak akan ringan, dan pertumbuhan anak juga bisa terjadi saat tidur. Anak anda bisa tidur 8 jam per harinya. Sebagai orang tua agar si anak tetap sehat juga perlu untuk bertindak cepat dan siap siaga. Jika ada apa-apa terjadi pastikan anda bisa langsung menanganinya. Misal ketika anak sakit demam, batuk, ataupun flu, maka anda harus segera bertindak dengan memberinya obat atau membawanya ke dokter.

Related posts: