Sumatera Utara Membutuhkan Listrik

admin   April 2, 2018   Comments Off on Sumatera Utara Membutuhkan Listrik

logo-PLN.original

Pemadaman listrik mungkin sudah bukan menjadi hal tabu bagi kita dan kita pasti pernah mengalaminya. Pemadaman Listrik yang terjadi di Indonesia belakangan ini khususnya di wilayah Sumatera Utara membuat masyarakat semakin resah, apalagi ketika pemadaman listrik terjadi secara tiba – tiba. Pemadaman Listrik wilayah Sumatera Utara khususnya di Medan dan sekitarnya. Hal ini sudah menjadi hal yang biasa terjadi bagi masyarakat sekitar, seperti layaknya makan, pemadaman listrik bisa terjadi 3 kali dalam sehari.

Pembangkit Listrik yang ada di Sumatera Utara

Di Medan, Sumatera Utara, pasokan listrik di dapat dari pembangkit listrik daerah provinsi, antara lain pembangkit listrik yang beroperasi adalah Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTU) di daerah Belawan GT 11 kapasitas 130 MW, PLTG Belawan Lot 3 (85 MW) , di Labuhan Angin terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan kapasitas pembangkitan sebesar 1 (60 MW), dan PLTG Paya Pasir 7 dengan kapasitas daya listrik yang dibangkitkan sebesar (34 MW). Pembangkit Listrik yang beroperasi menjadi sumber listrik wilayah Sumatera Utara dan apabila salah satu pembangkit listrik ini mengalami kerusakan dapat mengganggu suplai listrik ke masyarakat dan menjadi alasan adanya pemadaman.

Pasokan listrik Indonesia didominasi oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil sebagai bahan bakunya. Sumber kapasitas listrik yang terbesar masih dipegang oleh pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan bahan bakarnya adalah batu bara. Indonesia salah satu negara yang memiliki kekayaan alam terbesar dalam hal minyak bumi Indonesia menempati posisi ke 13 di seluruh dunia untuk cadangan terbanyak dan untuk sumber daya alam batu bara Indonesia menempati posisi ke 15 dan peringkat ke 27 dunia untuk cadangan minyak buminya. Menjadi sebuah dilema ketika negara yang akan sumber daya alamnya tapi masih banyak daerah yang mengalami krisis energi dan belum terjangkau listrik yang menjadi kebutuhan utama di era modern ini.

Permasalahan krisis energi yang terjadi dikarenakan kurangnya sikap pemerintah untuk mengatasi permasalahan listrik di daerah. Hal ini tidak dapat dikatakan sepele karena masyarakat Sumatera utara sudah mengalami krisis energi kurang lebih 33 tahun. Kebutuhan yang meningkat tidak diiringi dengan pasokan listrik yang memadai. Zaman yang semakin modern merubah gaya dan pola hidup cenderung meningkatkan penggunaan energi.

Jadi permasalahan krisis listrik di Sumatera utara khususnya di Medan terjadi karena pembangkit listrik yang sudah semakin tua dan perlu adannya meintenance pada alat pembangkit listrik tersebut. Diharapkan pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap masalah listrik wilayah Sumatera utara. Jika terjadi pemadaman listrik yang paling menderita adalah masyarakat karena medan merupakan salah satu kota terbesar yang ada di pulau Sumatera.

Related posts: