Ramadhan Tiba, Awas Bau Mulut Saat Berpuasa

admin   May 22, 2018   Comments Off on Ramadhan Tiba, Awas Bau Mulut Saat Berpuasa

image_20180522_105633

Berpuasa adalah ibadah sekaligus kewajiban bagi seluruh umat Muslim. Selama berpuasa, berarti Anda tidak diizinkan untuk makan dan minum hingga waktu berbuka tiba. Dengan tidak minum, tubuh akan mengalami dehidrasi dan menyebabkan bau mulut. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mempraktikkan beberapa tips seperti di bawah ini.

Tips Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Bau mulut dapat menimbulkan dampak bagi yang mengalaminya seperti tidak percaya diri saat berbicara, tidak disenangi oleh orang lain hingga dihindari oleh lawan bicara kita. Nah untuk mengatasinya, lakukanlah tips berikut ini.

  • Minum yang cukup saat sahur

Sebelum imsak, usahakan agar Anda setidaknya minum air putih sebanyak 2-3 gelas agar menghindari dehidrasi dan menimbulkan bau mulut. Dengan asupan cairan yang cukup, Anda akan terhindar dari mulut kering sehingga bau mulut dapat dicegah. Selain itu, keseluruhan kesehatan Anda pun akan terjaga jika tubuh terhidrasi dengan cukup baik.

  • Menggosok gigi

Meski dianggap sepele, namun tips ini ampuh untuk mencegah bakteri penyebab bau mulut. Ketika sisa bakteri bertemu dan bercampur dengan sisa makanan, maka saat itulah bau mulut akan timbul. Dengan demikian, penting untuk Anda menggosok gigi baik sebelum sahur atau setelah berbuka.

  • Berkumur dengan minyak cengkeh

Air cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri yang mengakibatkan timbulnya bau mulut. Cara penggunaannya adalah dengan mendidihkan air dan cengkeh, lalu air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur-kumur.

Selain menggunakan minyak cengkeh, Anda juga dapat menggunakan produk mouthwash antibakteri yang diperjual belikan secara luas di pasaran.

  • Hindari kopi dan keju

Mengonsumsi kopi maupun keju secara berlebihan bisa membuat mulut Anda cepat kering. Jika Anda sangat menyukai dan harus mengonsumsi dua makanan ini, maka lebih baik agar mengonsumsinya di awal, jangan jadikan sebagai menu penutup.

  • Sahur dengan buah dan sayur

Pemilihan makanan saat berpuasa memang sangat penting. Agar terhindar dari bau mulut maka usahakan agar Anda memakan sayur dan buah segar tanpa dicampur apa pun. Jika Anda mencampurkan sayur dan buah dengan bahan lain seperti mayonaise, coklat dan lainnya, maka hal tersebut tidak akan membantu.

Related posts: