Pentingnya Mempelajari Perizinan Dagang

admin   May 1, 2018   Comments Off on Pentingnya Mempelajari Perizinan Dagang

Memperhatikan dan juga mementingkan pengurusan izin usaha merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pengusaha. Jika mereka telah memiliki izin dalam mendirikan usaha, maka usaha yang mereka jalani akan berjalan dengan lancar dan terhindar dari masalah dan juga legal secara hukum. Maka, jika Anda sudah memiliki usaha, sebaiknya Anda harus mengurus perizinan secepatnya melalui instansi-instansi pemerintahan yang bersangkutan dan yang sesuai dengan bidangnya.

Ada beberapa jenis izin usaha dan juga hal lainnya yang perlu untuk Anda ketahui ketika Anda ingin mengurus perizinan usaha. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai jenis-jenis perizinan usaha, pengertian dari izin itu sendiri, dasar hukumnya, prosedur pembuatannya, dan lain-lain.

Mengenal Izin Prinsip dalam Perdagangan

Jenis izin yang akan dibahas kali ini adalah izin prinsip. Izin prinsip adalah izin yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti pemerintah daerah kabupaten /kota, pemerintah daerah provinsi, yang diwajibkan untuk dimiliki oleh orang yang akan membuka usaha di daerah. Dalam peraturan undang-undang No.2 Th. 2007, yang mengatur masalah Penanaman Modal, kemudian Undang-undang Nomor 32 Th. 2000, tentang Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah No. 38 Th. 2007, mengenai Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan daerah, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota, menyebutkan bahwa Izin Prinsip atau yang disingkat IP dibutuhkan untuk perizinan mendirikan perusahaan  atau dalam rangka usaha dalam bentuk penanaman modal, baik itu modal asing maupun modal dalam negeri, atau dalam rangka pemindahan lokasi proyek dari PMA atau PMDN.

Semua itu tergantung pada seberapa besar nilai investasi dan juga natur. Izin prinsip ini bisa diajukan pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP dari Bidang Penanaman Modal, misalnya Badan Koordinasi Penanaman Modal atau Badan Perizinan Terpadu yang berada di tingkat Provinsi, kabupaten atau Kota.

Jika pemegang saham yang ada di dalam perusahaan tersebut terbagi dari warga asing dan juga sebagian lainnya adalah orang yang merupakan warga Negara Indonesia, maka untuk pengurusan Izin Prinsip ini hanya bisa Anda lakukan melalui Badan Koordinasi Penanam Modal atau BKPM. Anda bisa mencari info secara lengkap di Dunianotaris.com.

Related posts: