Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

admin   April 17, 2018   Comments Off on Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Usaha ternak ayam sering dipandang sebelah mata karena banyak yang bilang bahwa usaha ini tidak elit. Namun tentu saja tidak. Usaha ternak justru bisa menghasilkan keuntungan yang besar, apalagi jika Anda usaha ternak ayam kampung. Memang lebih banyak orang yang lebih suke membeli atau beternak ayam potong karena daripada ayam kampung. Karena memang ayam potong paling cocok untuk dibuat dalam semua jenis hidangan ayam. Namun sebenarnya beternak ayam kampung juga mempunyai peluang usaha yang besar. Apalagi jika Anda tahu bahwa hanya sekitar 30 persen permintaan ayam kampung saja yang bisa terpenuhi. Nah, Anda bisa turut berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Contohnya di daerah Jabodetabek hanya bisa mendapatkan 35.000 ekor ayam kampung saja sehari padahal dibutuhkan sekitar 200.000 ekor

Bagaimana Cara Usaha Ternak Ayam Kampung?

Jika Anda ingin beternak ayam, maka Anda tidak perlu membeli banyak anakan ayam kampung. Ada dua sistem yang bisa Anda pilih jika ingin beternak ayam kampung.

  1. Sistem umbaran

Jika Anda ingin menggunakan sistem umbaran maka sistem ini adalah cara yang paling sering digunakan dan memang sudah cara yang umum juga bagi para peternak ayam kampung pemula dan juga sering dipakai di kalangan pedesaan. Anda tidak perlu repot-repot dengan urusan kandang dan pakan karena tidak perlu aturan khusus jika menggunakan sistem umbaran. Dengan kandang sederhana maka Anda juga sudah bisa beternak ayam kampung. Untuk pangannya Anda juga bisa lebih hemat karena ayam kampung Anda bisa mencari makanan sendiri. Kelemahan dari sistem umbaran adalah Anda tidak bisa mengontrol produktivitas ayam kampungnya.

  1. Sistem Semi Intensif

Sedangkan untuk sistem semi intensif masih dibagi menjadi 3 tipe yaitu tipe pekarangan, tipe postal, dan tipe baterai. Anda bisa mencoba beternak ayam kampung dengan tipe pekarangan jika mempunyai pekarangan yang cukup luas dan tidak mempunyai banyak modal. Apalagi karena Anda baru coba-coba maka modalnya tidak usah yang banyak.

Dalam menjalankan usaha ternak, Anda membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat ayam kampung.

Related posts: