Memahami Peran Lembaga Badan Permusyawaratan Desa

admin   May 2, 2018   Comments Off on Memahami Peran Lembaga Badan Permusyawaratan Desa

desa_2016_10_03_090804_big

Indonesia merupakan Negara hukum yang menganut sistem pemerintahan Demokrasi di mana rakyat juga berperan penting dalam mengatur pemerintahan Negara. Mulai dari pemerintahan pusat hingga desa, semua diatur sedemikian rupa agar rakyat dapat berpartisipasi di dalamnya. Seperti pada pemerintah Desa yang memiliki BPD atau Badan Permusyawaratan Desa sebagai lembaga yang bertugas mewujudkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan desa. Dengan adanya lembaga yang satu ini, pendapat masyarakat dapat ditampung dan kemudian berusaha diwujudkan oleh pemerintah.

Peran Lembaga Badan Permusyawaratan Desa

Pemerintahan daerah saat ini diberikan wewenang untuk mengatur dan mengurus daerahnya sendiri yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. Kepengurusan tersebut tentu saja harus sesuai dengan prinsip demokrasi yang memang dianut oleh Negara Indonesia. salah satu lembaga pemerintahan daerah yang memiliki hak otonom untuk mengatur daerahnya sendiri adalah BPD. Lembaga yang satu ini memiliki peran penting dalam pemerintahan desa, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Menetapkan peraturan desa bersama pemerintah desa

Pemerintah desa yang terdiri dari Kepala Desa, Wakil, Sekretaris Desa, dan anggota aparatur desa lainnya bekerja sama bersama Badan Permusyawaratan Desa. Kedua lembaga desa ini mengatur, membentuk, dan menjalankan peraturan desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. Keduanya bekerja sama untuk mengatur segala permasalahan yang timbul pada pemerintahan dan masyarakat agar tercipta lingkungan yang aman, damai, dan tenteram.

  1. Menampung aspirasi masyarakat

Menjadi lembaga dan pemerintahan otonom, tidak berarti pemerintah desa bisa sesuka hati untuk mengatur dan menjalankan pemerintahannya. Badan Permusyawaratan Desa dan pemerintahan daerah harus memperhatikan aspirasi masyarakat. Memperhatikan aspirasi yang dikeluarkan masyarakat sebagai ide yang baik untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

  1. Mengawasi kinerja Kepala Desa

Badan Permusyawaratan Desa dan Kepala Desa memiliki tingkatan yang sama dalam pemerintahan desa. Kepala Desa merupakan orang yang memiliki wewenang untuk memimpin pemerintahan desa, sedangkan BPD berperan untuk mengawasi dan membantu Kepala Desa. Setiap keputusan yang akan diambil oleh Kepala Desa menyangkut pemerintahan, harus mendapatkan persetujuan dari Badan Permusyawaratan Desa terlebih dahulu.

Related posts: