Makna Mendalam Dari Pemasangan Kubah Masjid

admin   May 20, 2018   Comments Off on Makna Mendalam Dari Pemasangan Kubah Masjid

image_20180520_185436

Artikel kali ini akan membahas mengenai makna dari pemasangan kubah masjid yang umumnya menjadi ciri khas dari semua masjid yang ada di Indonesia. Masjid merupakan salah satu tempat ibadah umat Islam yang dapat ditemui dengan mudah khususnya di pulau Jawa. Bahkan di mall, rumah makan, tempat wisata pun minimal telah memiliki mushola sebagai bentuk fasilitas yang diberikan kepada pengunjung.

Mengingat mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam sehingga keberadaan suatu tempat ibadah baik itu mushola maupun masjid menjadi suatu keharusan. Umumnya masjid dicirikan dan dapat diketahui dengan mudah bahwa bangunan tersebut adalah sebuah masjid dapat ditandai dengan adanya kubah. Ternyata pemasangan kubah tersebut memiliki makna atau filosofi pembangunan.

Kubah Masjid Yang Ada Di Bagian Atap Masjid Itu Apa Maknanya?

Tuhan menciptakan sesuatu apa pun di muka bumi ini tentunya memiliki maksud dan tugasnya masing-masing. Termasuk Tuhan menciptakan manusia untuk mencintai keindahan termasuk pada rumah Tuhan yang dijadikan tempat beribadah umat Islam yaitu masjid. Keindahan pada masjid dapat terlihat dari ukiran kaligrafi serta kubah pada masjid yang biasanya ada di bagian atap masjid.

Kubah ini memiliki makna cukup mendalam yang dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Apakah makna dari pembuatan kubah masjid? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

  • Kubah yang ada di masjid umumnya berbentuk melingkar yang menggambarkan rasa kebersamaan dan rasa toleransi yang dijunjung oleh umat Islam. Toleransi ini harus dijunjung baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan antar umat beragama.
  • Bentuk kubah masjid umumnya akan semakin mengerucut ketika mencapai ke atas. Hal ini menggambarkan keesaan Tuhan yang disembah oleh umat Islam. Sesuai dengan surat yang ada dalam Al-Quran yang menyatakan bahwa tiada Tuhan selain Allah.
  • Bentuk kubah biasanya mengembang dan luas di bagian tengah, hal ini menggambarkan betapa Islam mencintai kedamaian dan Allah yang Maha Agung. Hal ini dapat menimbulkan kesan luas ketika sedang berada di dalam masjid sehingga jamaah akan semakin betah ketika berada di dalam masjid.

Related posts: