Cara Tersederhana dalam Menghitung Keuntungan Sebuah Peluang Usaha

admin   April 16, 2018   Comments Off on Cara Tersederhana dalam Menghitung Keuntungan Sebuah Peluang Usaha

nG0FEBzBKZ

Menjalankan sebuah usaha memang terkadang mudah namun terkadang juga sulit. Jika Anda tidak memiliki kemampuan bertahan yang kuat, maka akan ada sedikit kesulitan dalam menghadapi pasang surutnya sebuah bisnis. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mengendalikan sendiri arus dari usaha yang Anda jalankan. Jika masih belum menemukan sebuah peluang, maka carilah. Anda bisa mencari berdasarkan kebutuhan pasar. Mulai dari kebutuhan hingga tren terkini bisa menjadi sebuah langkah awal untuk menemukan peluang usaha yang menguntungkan. Tak hanya mencari dan mengeksekusi ide-ide bisnis. Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghitung keuntungan usaha Anda dengan benar.

Cara Tepat Menghitung Keuntungan Usaha Anda

Meskipun Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan ekonomi, setidaknya Anda mengetahui beberapa hal dasar untuk menghitung arus ekonomi usaha Anda. Berikut adalah cara tepat untuk menghitungkan keuntungan yang didapatkan dari usaha Anda dengan mudah:

  • Pembukuan Biaya Operasional

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pembukuan untuk biaya operasional. Anda bisa mencatat dengan jelas dan lengkap seluruh biaya operasional dan pendapatan yang didapatkan setiap harinya. Anda harus mencatat setiap pengeluaran, sekecil apa pun. Dari pembukuan ini Anda bisa mengalkulasikan persentase keuntungan sementara dari usaha yang dijalankan.

  • Pembukuan Modal

Untuk lebih mempermudah menghitung keuntungan, ada baiknya untuk memisahkan antara sumber modal dan sumber keuntungan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan pembukuan modal sebagai pemisah. Selalu catat dengan detail setiap kali mengeluarkan dana untuk dari sumber modal.

  • Pembukuan Stok Barang

Arus stok barang juga harus diperhitungkan dengan baik. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rincian pasti antara modal dan keuntungan bersih yang didapat. Selain itu, Anda juga  bisa menghitung secara pasti sisa barang dari setiap arus modal yang dikeluarkan.

Setelah itu, secara sederhana Anda bisa menghitung keuntungan. Jumlahkan seluruh dana yang tersedia termasuk dana dari sisa stok barang. Lalu, kurangi dengan modal awal. Jika tidak memiliki tagihan apa pun, maka sisanya menjadi keuntungan Anda. Jika masih memiliki kewajiban membayar hutang, maka harus dikurangi kembali dengan jumlah pembayaran hutang dan baru Anda mendapatkan laba tersebut.

Related posts: