Cara Perawatan Alat Pemadam Api Ringan

admin   March 1, 2018   Comments Off on Cara Perawatan Alat Pemadam Api Ringan

image_20180228_170944

Alat pemadam api sekarang ini sudah mulai terjual dengan jumlah banyak di internet atau toko online. Hal tersebut karena kejadian kebakaran sudah sangat sering terjadi. Sehingga masing-masing rumah pun direkomendasikan untuk memiliki alat pemadam sendiri, tidak masalah jika alat pemadam tersebut masih ringan. Nah yang namanya alat pasti membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah alami kerusakan dan bisa bekerja secara maksimal. Di dalam artikel ini, kami ingin membagikan cara perawatan alat pemadam. Jadi Anda pun bisa mengikuti tips yang kami berikan.

Perawatan Paling Mudah Untuk Alat Pemadam Api

Alat pemadam api ringan itu memang menjadi hal yang cukup penting sekarang ini. Pasalnya hampir setiap gedung ataupun rumah memiliki kemungkinan untuk terjadi kebakaran. Nah khusus yang menyediakan alat pemadam di dalam rumah dan di alam mobil, berikut ada beberapa cara perawatan yang mudah untuk dilakukan.

  • Lakukan pengecekan untuk kondisi fisik dari alat pemadam tersebut. Pengecekan ini dilakukan agar bisa mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak. Cara mengeceknya bisa dengan melihat jarum indikator yang letaknya di bagian atas tabung. Selain itu, lihatlah pada kondisi selangnya dan juga kondisi tuasnya. Pastikan bahwa pin pengunci yang posisinya dekat tuas itu masih dalam kondisi yang baik.
  • Lakukan pembersihan pada tabungnya dengan rutin. Pembersihan ini sebenarnya dilakukan agar tabung tidak berkarat karena banyak kotoran dan juga debu yang menempel. Meskipun alat pemadam jarang digunakan, akan tetapi pembersihan memang harus dilakukan secara rutin agar tidak mudah rusak.
  • Cobalah untuk melakukan pengocokan tabung 3 hari sekali. Ini merupakan hal yang penting dalam perawatan tabung. Kemudian perlu dicek juga masa kadaluwarsa dalam penggunaan tabung pemadam api tersebut.
  • Coba perhatikan tempat penyimpanan alat pemadamnya. Dalam menyimpan alat pemadam api ringan tentu harus berhati-hati. Jadi Anda harus memastikan bahwa tabung pemadam berada di sebuah ruangan yang terlindungi. Sehingga tidak akan tersengat matahari secara langsung, karena jika itu terjadi pasti akan menimbulkan hal yang berbahaya.

Related posts: