Budidaya Lele Yang Mudah Dan Menguntungkan

admin   January 2, 2018   Comments Off on Budidaya Lele Yang Mudah Dan Menguntungkan

image_20180102_183904_1

Berbicara mengenai bisnis atau usaha, sebenarnya di Indonesia ini terdapat berbagai peluang usaha yang hasilnya sangat menjanjikan. Hanya saja sebagian besar orang enggan untuk mencoba memanfaatkan peluang ini. Hal ini dikarenakan mereka takut akan risiko yang akan muncul. Bagi orang yang berjiwa bisnis, tidak akan pernah takut dengan risiko yang muncul, dalam artian mereka siap untuk mengambil risiko. Jika Anda ingin berbisnis, tanamkan jiwa ini pada diri Anda, sehingga Anda berani untuk memulai. Salah satu usaha yang bisa Anda jalankan adalah budidaya lele. Lele merupakan ikan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga sangat diminati untuk dikonsumsi. Budidaya ikan air tawar ini tidaklah membutuhkan modal yang begitu banyak, asalkan Anda bisa menyiasatinya dengan baik. Menjalankan usaha di prospek perikanan membutuhkan teknik khusus, termasuk budidaya ikan lele.

Langkah Menjalankan Peluang Usaha Budidaya Lele

Beberapa tempat di Indonesia sudah banyak yang menjalankan bisnis ini. Bisnis ini cukup diminati karena merupakan peluang usaha modal kecil. Ada beberapa langkah yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan budidaya lele. Anda bisa memilih media kolam apapun, seperti kolam tanah, kolam terpal, hingga teknik bioflok. Setiap jenis kolam memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menuju tahap pembesaran ikan lele, Anda perlu menyediakan kolam khusus sebagai media yang kondusif. Kolam tersebut diisi dengan air dengan cara dipercikkan hingga ketinggian sekitar 20 cm. Kemudian taburkan garam ikan atau grasak sekitar 100 gram. Garam ini berfungsi untuk membunuh bakteri dan hama yang terdapat pada kolam. Untuk mensterilkan kolam, biarkanlah selama kurang lebih 3 hari. Selanjutnya tambahkan kembali volume air sesuai dengan jumlah bibit lele yang hendak ditebar. Tambahkan pupuk organik cair sebanyak 10 ml untuk setiap meter persegi. Anda juga perlu menambahkan katalis plankton yang di dalamnya terkandung bakteri nitro dengan dosis yang sama. Diamkan selama 5 hari dan bibit lele pun siap ditebar.

Ada berbagai macam jenis pakan ikan lele yang bisa diberikan. Nasi bekas pun bisa Anda gunakan sebagai pakan jika Anda ingin lebih menghemat. Anda bisa menggunakan pelet juga. Bahkan jika menggunakan teknik bioflok, maka biaya untuk membeli pakan tidak ada, karena memanfaatkan bakteri di kolam. Untuk menjalankan peluang usaha ini Anda bisa melakukan konsultasi dan belajar dengan orang yang berpengalaman dalam hal perikanan dan budidaya lele.

Related posts: