3 Hal Yang Anda Butuhkan Dalam Usaha Kolam Pemancingan

admin   July 20, 2016   Comments Off on 3 Hal Yang Anda Butuhkan Dalam Usaha Kolam Pemancingan
peluang usaha

Woman touching her face

Anda memiliki lahan tanah yang luas dengan lokasi strategis dan kaya akan sumber air? Mengapa tidak membuka usaha kolam pemancingan saja? Usaha yang satu ini lumayan menghasilkan. Usaha yang membutuhkan modal sedikit namun bisa menghasilkan untung berlipat yang tidak terbayangkan jika Anda mampu mengelolanya dengan baik. Usaha pemancingan Anda akan menjadi langganan para laki-laki terutama yang memiliki hobi mancing.

Usaha kolam pemancingan sebenarnya tidak membutuhkan lahan tanah yang sangat luas, hanya dengan memiliki beberapa hektar saja Anda sudah memiliki modal tersendiri untuk usaha ini. Namun jika Anda memiliki tanah yang lebih luas maka usaha yang akan Anda jalankan ini bisa berkembang dengan mendirikan usaha-usaha lainnya di dalam usaha kolam pemancingan ini seperti menjual makanan dan minuman, aneka snack serta jajanan pendamping pemancing, lomba mancing, sewa alat mancing serta kerja sama sponsor.

Berikut ini 3 hal yang akan Anda perlukan saat akan membuka usaha kolam pemancingan ikan.

  • Pembuatan kolam

Untuk membuat kolam Anda bisa mencari alternatif jenis kolam yang awet namun memiliki anggaran kecil seperti kolam yang terbuat dari terpal. Hanya saja kekurangan kolam ini adalah luasnya yang terbatas sehingga kapasitas kolam pun menjadi lebih sedikit. Anda bisa membuat kolam dengan menggali tanah hingga kedalaman yang di inginkan kemudian melapisi tanah dengan lapisan semen agar air tidak rembes ke bawah.

  • Bibit ikan

Setelah kolam Anda jadi maka hal selanjutnya yang perlu Anda persiapkan adalah bibit ikan. Bibit ikan yang bisa Anda pilih adalah bibit ikan gurameh, nila atau bawal yang memang enak untuk di konsumsi. Carilah bibit yang bagus dan rawat di kolam tersendiri. Setelah berusia yang cukup untuk di konsumsi barulah di sebar di kolam pemancingan milik Anda.

  • Alat-alat pancing

Siapkan alat-alat pancing dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Kita lihat animo masyarakat terlebih dahulu dalam menggunakan kolam pemancingan. Jika minat masyarakat besar maka di lain waktu Anda bisa menambah jumlah alat pancing sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan. Pastikan alat pancing Anda berkualitas sehingga bisa lebih awet dan tahan lama.

Related posts: